PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN UNTUK BALITA STUNTING

Posted at : 21 Jul 2022

Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Garut melaksanakan Kick Off Program TOSS (Temukan, Obati, Sayangi balita Stunting) yang digelar bersamaan dengan apel gabungan terbatas di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda), Kabupaten Garut, Senin (18/7/2022).

Dalam kesempatan ini, Bupati Garut Rudy Gunawan menyampaikan, Kabupaten Garut saat ini memiliki Pekerjaan Rumah (PR) besar, di mana angka kemiskinan di Kabupaten Garut semakin naik karena adanya masa pandemi COVID-19. Ia menyebutkan, sebelumnya pihaknya menargetkan di tahun 2022 ini angka kemiskinan di Kabupaten Garut berada di angka 6%.

“Kita di (tahun) 2020 sudah di angka 8,8% sedangkan kami optimis tadinya bahwa di 2023 angka kemiskinan di Garut menembus 5% tapi faktanya hari ini masih di 10.6% artinya kita harus bekerja keras seluruh stakeholder untuk melakukan penurunan angka kemiskinan,” katanya.

Rudy mengungkapkan, dampak dari kemiskinan ini adalah timbulnya kasus stunting di Kabupaten Garut. Berdasarkan Peraturan Presiden No. 72 Tahu 2021 Tentang Percepatan Penurunan Stunting, lanjut Rudy, semua potensi yang berhubungan dengan keuangan daerah difokuskan untuk menangani masalah stunting. Ia mengatakan, pihaknya telah menganggarkan dana sebesar Rp6 Miliar dari BTT (Belanja Tak Terduga) untuk penanganan stunting.

There are currently no posts.